Wednesday 29 September 2010

IT is past..environtment is in..

Itu adalah kata2 yang diungkapkan oleh Chat, teman bule saya yang bekerja di perusahaan environtmental di jakarta. Saya setuju dengan dia, dan kenapa juga saya bilang IT is past..?
ironis karena saya juga bagian dari IT itu sendiri..
Sekarang, di tengah maraknya global warming, dengan segala ancaman yang bisa di akibatkan olehnya, orang berlomba-lomba untuk membuat keadaan bumi menjadi lebih baik.Ada seruan untuk menanam pohon,satu orang minimal 1 pohon, ada juga seruan untuk mematikan semua peralatan listrik yang tidak
digunakan, dan masih banyak lagi usaha dan himbauan kepada masyarakat untuk 'menyelamatkan' bumi tercinta.
Lalu apa kaitannya dengan IT itu sendiri?
tau sendiri kan kalau yang namanya IT itu tidak bisa lepas dari gadget2, serta piranti keras yang jumlah dan jenisnya bejibun itu. Setiap peralatan untuk mendukung kinerja IT pastinya menggunakan energi listrik, yang nantinya akan diubah menjadi panas.Panas yang dihasilkan oleh piranti kita, entah itu komputer,laptop, ataupun peralatan networking dan masih banyak lagi, bisa berakibat yang tidak baik bagi bumi kita.Itulah sebabnya beberapa stasiun TV luar menyerukan untuk mematikan peralatan listrik ketika tidak digunakan.Trus apa alasan saya alasan saya menulis tulisan ini? untuk membuat semua anak2 IT pindah jurusan?
tentu tidak..justru ini adalah TANTANGAN bagi kita, semua IT worker untuk membuat gadget, yang ramah lingkungan dan tidak menambah sederetan penyebab panas bumi bertambah. Contoh samsung dengan inovasinya membuat telepon genggam dengan bahan dasar jagung, JAGUNG? iya jagung..alasan utama mengapa provider samsung membuat ponsel ini karena bahan sintetis dari jagung
tidak cepat panas dan sintetis jagung itu sendiri berasal dari bahan yang alami, serta dapat diuraikan.
Bagaimana apakah anda tergerak untuk membuat produk IT yang ramah lingkungan?
How about "inforontmental"? mari kita pikirkan bersama.

No comments:

Post a Comment